Gibran Walikota Solo, Putra Jokowi Positip Covid 19 Bersama Pejabat lainnya

Solo, beritajejakfakta.com -Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo, Ahyani, mengatakan bahwa Gibran Rakabuming Raka, Walikota Solo, diketahui positif Covid 19 pada Rabu (14/7) ketika pihaknya sedang melakukan penelusuran kontak sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Solo.

“Pak Wali Kota termasuk di urutan kontak terakhir dari penelusuran di Balai Kota,” kata Ahyani saat jumpa pers virtual, Rabu (14/7).

Selain Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, sejumlah pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkot Solo juga sempat dinyatakan positif Covid-19.

Jabatan para pejabat Pemkot Solo yang positif Covid-19 itu beragam, mulai dari staf dan sopir Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, hingga sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Ahyani mengatakan bahwa mereka diketahui positif Covid-19 setelah menjalani tes usap pada pekan lalu. “Ada beberapa (kepala OPD), staf, dan sopirnya Pak Teguh. Pak Teguh sendiri malah negatif,” katanya.

Ahyani memastikan pelayanan masyarakat tetap berjalan seperti biasa meski ada beberapa kepala OPD yang menjalani isolasi mandiri, apalagi sejak PPKM Darurat, Balai Kota Solo memang memberlakukan 50 persen work from home (WFH). Di samping itu, beban pekerjaan di Pemkot Solo jauh berkurang karena semua fokus pada penanganan pandemi.

“Pekerjaan enggak ada masalah. Rapat-rapat kan dengan zoom. Toh pekerjaan di masa Covid ini enggak terlalu banyak. Semua baru fokus di penanganan covid,” katanya. Gibran sendiri sejak awal pandemi sangat ketat menjalankan protokol kesehatan. Ia tak pernah melepas masker selama berkegiatan di luar ruang.

Putra Presiden Joko Widodo itu pun secara berkala menggunakan hand sanitizer setelah berinteraksi dengan banyak orang. Ia mengaku setiap hari melakukan tes antigen secara mandiri untuk memastikan kondisinya.

“Tapi beliau kan aktivitasnya banyak. Namanya Covid, kita enggak tahu dapat dari mana,” katanya. Gibran mengatakan bahwa dirinya sempat dinyatakan negatif melalui hasil tes antigen. Namun saat menjalani tes PCR, hasilnya positif Covid-19.

“Kebetulan kemarin saya antigen negatif. Saya enggak percaya, kemudian saya suruh temen-temen cek RSBK untuk PCR. Lalu hasilnya positif,” ujar Gibran. (Red/CNN)

Komentar