oleh

Enie Widhiastuti: Perempuan Indonesia Jangan Takut Bicara Politik

Kota Bekasi, beritajejakfakta.id – Peran perempuan dalam dunia politik jangan dianggap sebelah mata dan saat ini perempuan Indonesia tidak lagi terkurung dalam kegelapan intelektual, kata Ibu Enie Widhiastuti, anggota Komisi IV dari PDI Perjuangan dalam mengawali perbincangan, Senin (25/7/2022).

Lebih lanjut disampaikan bahwa sejak reformasi, partisipasi politik perempuan khususnya keterwakilan perempuan dalam pengambilan keputusan menjadi agenda penting pemerintah dan legislatif. Berbagai kebijakan afirmasi dan penguatan terus diupayakan.

Dalam demokrasi inklusif, masyarakat sebagai salah satu pilar penting demokrasi mempunyai peranan yang sangat penting untuk mewujudkan partisipasi politik perempuan yang lebih luas dan bermakna.

Partisipasi perempuan dalam politik sangatlah penting, sebab keberadaan mereka dapat meningkatkan kesejahteraan kelompok perempuan dengan mewakili, mengawal dan mempengaruhi agenda dan proses pembuatan kebijakan serta turut serta dalam proses pembangunan. 

Bagi Ibu Enie Widhiastuti, masalah perempuan dan politik adalah bagaimana pemahaman akan kebutuhan perempuan dan anak sebagai modal sosial utama dimana hal tersebut sudah dimiliki perempuan jika terjun ke dalam dunia politik.

Legislator Enie Widhiastuti Bersama Konstituen Perempuan

Sehingga saat berbicara soal perempuan dan politik di era demokrasi seperti sekarang ini, Ibu Enie Widhiastuti berkeyakinan perempuan Indonesia sama hebatnya dan mumpuni dengan kaum laki – laki walaupun representasi perempuan dapat dikatakan masih jauh dari harapan, terutama karena ada hal mendasar yang membuat perempuan begitu sulit masuk dalam dunia perpolitikan.

” Ialah budaya patriarkhi. Sebuah sistem yang masih terjaga dan masih terawat dalam kehidupan masyarakat,” ungkapnya.

Komentar