Di Rapat Young Parlemen AIPA, Puan Maharani Soroti Upah Rendah Bagi Pekerja Muda

Headline, Nasional, Parlemen4245 Dilihat

Puan yakin pertemuan YPA ini akan menghasilkan diskusi yang bermanfaat dan solusi inovatif untuk tantangan yang ada.

Ia menilai energi, semangat, dan komitmen anggota parlemen muda AIPA untuk perbaikan ASEAN benar-benar menginspirasi.

“Mari kita gunakan kesempatan ini untuk bertukar pikiran, berbagi praktik terbaik, dan menjalin kemitraan yang akan membentuk masa depan ASEAN. Terima kasih, dan semoga Anda semua mendapatkan sesi yang produktif,” ujar Puan.

Dalam kesempatan yang sama, Gilang Dhielafararez menyampaikan apresiasi atas kesediaan Puan membuka pertemuan Young Parliamentarians of AIPA.

Menurutnya, pandangan Puan akan menambah substansi dari meeting.

“Komitmen beliau tidak pernah berhenti untuk memperjuangkan kalangan muda. Komentar Ibu Puan juga akan turut menentukan arah diskusi ini,” ucap Gilang di hadapan anggota parlemen muda AIPA tersebut.

Untuk Sidang Umum AIPA ke-44, YPA mengusulkan dua draf resolusi untuk diadopsi oleh parlemen-parlemen ASEAN.

Salah satu resolusi diusulkan oleh Indonesia yakni soal ‘Advancing Youth Engagement for Inclusive Development, Economic Transformation, and Democratic Participation’ atau Memajukan Keterlibatan Pemuda untuk Pembangunan Inklusif, Transformasi Ekonomi, dan Partisipasi Demokrasi.

“Resolusi dari Indonesia untuk mendorong masyarakat muda untuk bisa terjun di dunia politik, dan tentunya juga di semua sektor,” jelas Gilang.

Kemudian resolusi kedua yang akan diajukan YPA di Sidang Umum AIPA kali ini bertajuk ‘The Role of Young Parliamentarians in Governance’ atau ‘Peran Anggota Parlemen Muda dalam Pemerintahan’ yang merupakan usul dari Malaysia.

Gilang mengatakan, AIPA melalui anggota-anggota mudanya berupaya mendorong pemberdayaan kalangan muda ASEAN.

Termasuk di bidang ekonomi sehingga kesejahteraan yang didapat anak muda dapat mendukung kehidupan mereka.

Ini sejalan dengan poin yang disampaikan oleh Puan mengenai upah untuk pekerja muda.

“Misalnya di dunia ekonomi, kita dorong supaya lebih kreatif. Dan di parlemen kita memberikan semangat juga, kita dorong agar anak-anak muda di dunia politik. Apalagi Indonesia di tahun 2045 nanti akan lebih banyak anak mudanya,” sebut Anggota Komisi III DPR RI itu.

“Dan di ASEAN ada beberapa negara yang juga punya target di 2045 menjadi negara besar, salah satunya Vietnam.

Makanya kita ingin agar resolusi ini bisa berdampak langsung ke anak-anak muda di kawasan ASEAN,” tambah Gilang.

Dukungan untuk kaum muda dinilai penting mengingat ada sekitar 600 juta penduduk di ASEAN yang berasal dari kelompok tersebut.

Menurut Gilang, diperlukan berbagai upaya untuk mendukung eksistensi anak muda ASEAN sehingga dapat bersaing di kancah global.

“Karena tantangan ke depan ada banyak, seperti green economy, berbagai inovasi trading dan lain sebagainya. Jadi harus dipersiapkan. Kalau kita di DPR salah satunya ini dengan menyiapkan SDM unggul untuk masa depan,” urainya.

Selain membahas soal resolusi yang akan diusulkan ke forum besar AIPA, anggota YPA juga berdiskusi tentang sejumlah isu lain.

Komentar