oleh

Bulan Ramadhan Kalapas IIA Kota Bekasi Siapkan Agenda Khusus bagi Napi Muslim

-Daerah, Headline-219 Dilihat

Kota Bekasi, beritajejakfakta.id – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) IIA Kota Bekasi yang selama bulan Ramadhan tiap tahunnya selalu mempersiapkan agenda khusus bagi para binaannya terutama yang beragama Islam.

Hal ini merupakan program andalan dari Lapas Kota  Bekasi yang tiap tahunnya sudah menjadi bagian dari pelaksanaan pembinaan keagamaan dan kerohanian, ungkap Kepala Lapas II A Kota Bekasi, Hensah, Rabu (6/4/2022).

Program berbuka bersama, Sholat berjamaah, Sholat Teraweh, Kultum, Pengajian Alquran dan Sahur dilaksanakan secara bersama – sama dan diatur sesuai kapasitasnya.

“Untuk sholat berjamaah dan teraweh dibagi per aula  di setiap bloknya, semua ada sekitar 7 titik tempat untuk sholat teraweh ya,”jelas Hensah.

Sementara untuk para pengajarnya berasal dari para napi yang memiliki kemampuan dalam mengajar Alquran bisa ikut serta membantu kawan kawannya.

“Kalau untuk Dai nya yang memberikan ceramah kami mengundang ustadz dari pihak luar,” terangnya.

Perubahan jadwal makan pun menyesuaikan khusus untuk yang menjalankan ibadah puasa diberikan dua kali yakni saat berbuka puasa dan sahur.

Sementara untuk napi non muslim dan yang berhalangan berpuasa karena sakit tetap diberikan jatah makan tiga kali.

“Kalau mereka yang berpuasa jatah makan siangnya digantikan dengan tambahan makanan puding saat berbuka puasa,”kata Kalapas Hensah.

Harapannya di bulan Ramadhan tahun ini program berjalan lancar dan para binaan melaksanakan ibadahnya dengan khusyu dan mampu meningkatkan kualitas ibadahnya, pungkas Hensah.(SF) 

Komentar