Bendung Katulampa Berstatus Waspada, Warga Bantaran Kali Terancam Banjir

Jakarta, beritajejakfakta.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, melaporkan tinggi muka air di Bendung Katulampa Bogor, Jawa Barat berstatus siaga tiga atau waspada.

BPBD mengingatkan masyarakat yang tinggal di bantaran kali untuk mewaspadai datangnya banjir.

Akun twitter @BPBDJakarta menyampaikan, peringatan dini potensi banjir pada Minggu (7/2/2021).

Air di Bendung Katulampa terus naik. Dijelaskan, pada pukul 04.00 WIB, tinggi muka air 50 centimeter, pada pukul 05.00 menjadi 70 centimeter, dan pada pukul 06.00 menjadi 120 centimeter.

“Kami BPBD DKI Jakarta menginfomasikan bahwa pada pukul 06.00 WIB ketinggian Bendung Katulampa 130 centimeter. Dimbau kepada warga di bantaran sungai agar waspada dan berhati hati terhadap bahaya banjir,” ucap petugas BPBD,” dikutip dari akun twitter BPBD Jakarta, Minggu (7/1/2021).

BPBD menyampaikan, air pada enam jam sampai sembilan jam ke depan akan sampai di pintu Manggarai.

Laporan pos penjagaan Bendung Katulampa menyebutkan, tinggi air Sungai Ciliwung di Katulampa pada pukul 19.00 WIB menyentuh 140 sentimeter atau berstatus siaga 3.

Kepala Pos Jaga Bendung Katulampa Andi Sudirman mengatakan, naiknya muka air di Bendung Katulampa disebabkan hujan yang terus mengguyur wilayah Puncak, Bogor, yang merupakan kawasan hulu aliran Sungai Ciliwung.

Kondisi itu, kata Andi, menyebabkan air yang melintas di bendungan peninggalan jaman Belanda itu ikut meningkat.

Ia mengimbau, masyarakat yang tinggal di bantaran Ciliwung untuk waspada dan berhati-hati terhadap potensi banjir karena saat ini kawasan Bogor masih diguyur hujan.

“Cuaca di Katulampa masih hujan, begitu pula di kawasan Puncak,” kata Andi.

Stasiun Klimatologi BMKG Citeko-Puncak Bogor juga menginformasikan hujan di wilayah Bogor Puncak dan Cianjur (Bopunjur) akan terus terjadi hingga pukul 20.35 WIB.

Kenaikan tinggi muka air di Bendung Katulampa dalam beberapa jam terakhir cukup fluktuatif karena cuaca di kawasan hulu Sungai Ciliwung sejak Minggu dini hari terus diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. (red/kompas)

Komentar