Apa hubungan Vaksin, Imunisasi dan Kekebalan Kelompok (Herb Immunity)

Kota Bekasi, beritajejakfakta.com – Vaksin akan membuat tubuh seseorang mengenali Bakteri/Virus penyebab penyakit tertentu, sehingga bila terpapar Bakteri/Virus tersebut akan menjadi lebih kebal.

Cakupan imunisasi yang tinggi dan merata akan membentuk kekebalan kelompok (Herd Immunity) sehingga dapat mencegah penularan, maupun keparahan suatu penyakit.

1. Infeksi Alamiah
Imunisasi memicu respon sistem kekebalan tubuh dimana vaksin akan membentuk kekebalan jangka panjang yang biasanya didapat secara alami setelah penyembuhan penyakit infeksi.

2. Kekebalan

3. Vaksinasi
– Vaksin tidak menimbulkan penyakit
– Vaksin yang sudah dipakai di masyarakat sudah dijamin keamanannya dan umumnya tidak menimbulkan reaksi simpang yang berat.

Apakah terdapat efek samping dari pemberian vaskin?

Secara umum, efek samping yang timbul dapat beragam, pada umumnya ringan dan bersifat sementara, dan tidak selalu ada, serta bergantung pada kondisi tubuh. Efek samping ringan seperti demam dan nyeri otot atau ruam-ruam pada bekas suntikan adalah hal yang wajar namun tetap perlu dimonitor.

Melalui tahapan pengembangan dan pengujian vaksin yang lengkap, efek samping yang berat dapat terlebih dahulu terdeteksi sehingga dapat dievaluasi lebih lanjut. Manfaat vaksin jauh lebih besar dibandingkan risiko sakit karena terinfeksi bila tidak divaksin. (SF/humas)

Komentar