Angin Kencang Melanda Jakarta, Akibat Siklon Tropis Paddy

Jakarta,beritajejakfakta.id – Angin kencang  dilaporkan terjadi di sekitar kawasan provinsi DKI Jakarta, Kondisi itu setidaknya terjadi di wilayah Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.


Peristiwa angin kencang itu terjadi pada siang hari dan malam hari ini, Selasa (23/11/2021), sekitar pukul 13.30 – 15.00 & sekitar 18.30-19.00 WIB. Angin dirasakan menghentak hingga membuat benda-benda bergoyang.


Hempasan angin juga membuat dahan-dahan pohon condong. Ternyata kondisi tersebut juga terjadi di wilayah sekitar Jakarta.


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika membenarkan bahwa fenomena angin kencang itu akibat tak langsung keberadaan siklon tropis Paddy.


“Benar, peningkatan kecepatan angin di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya akibat dampak tidak langsung dari siklon tropis Paddy di Samudra Hindia di selatan Jawa Barat,” kata prakirawan BMKG, Selasa (23/11/2021).


Kondisi ini masih akan terjadi hingga siklon tropis Paddy sudah menjauhi wilayah Indonesia.


“Saat siklon tropis sudah bergerak menjauhi wilayah Indonesia angin kencang di sebagian wilayah Jawa juga berangsur-angsur akan menurun,” katanya.


Sementara itu, dilihat di akun Instagram BMKG, siklon tropis Paddy terpantau di Samudra Hindia selatan Jawa Tengah, bertekanan 995 hPa dengan kekuatan 40 knot (75 km/jam). Bergerak ke arah barat dengan kecepatan 5 km/jam menjauhi wilayah Indonesia.


“Dampak tidak langsung bagi cuaca di Indonesia hujan sedang hingga lebat 24 jam ke depan di Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur,” demikian keterangan BMKG.


Diperkirakan intensitas siklon tropis Paddy menurun dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah barat. (Red/Josua)

Komentar