8 Makanan Pemicu Kanker yang Perlu Dibatasi dan Waspadai

beritajejakfakta.id -Kanker adalah penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian di seluruh dunia, di mana salah satu pemicunya adalah makanan.

Untuk itu, menghindari makanan pemicu kanker bisa menjadi upaya pencegahannya.

Menurut penelitian, pola makan yang sehat bergizi dapat mengurangi risiko kanker. Karenanya, Anda perlu mengetahui apa saja makanan pemicu kanker yang perlu diwaspadai.

Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Daftar Makanan Pemicu KankerSalah satu cara menurunkan risiko kanker adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat, termasuk mengatur pola makan.

Dalam mengatur pola makan, tentu Anda harus memperhatikan apa saja makanan yang berisiko memicu kanker dan perlu dihindari.

Berikut masing-masing penjelasan tentang makanan pemicu kanker.

1. Makanan Berpengawet Makanan berpengawet mengandung zat nitrat yang berpotensi memicu kanker usus apabila dikonsumsi dalam jumlah besar.

Selain itu, jenis makanan ini memiliki kandungan garam dan lemak tinggi. Di mana, garam disebut-sebut dapat meningkatkan risiko kanker lambung.

2. Daging Merah Beberapa penelitian membuktikan bahwa konsumsi daging merah secara berlebih dapat meningkatkan risiko kanker.

Makanan pemicu kanker ini mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi. Risiko kanker akibat daging merah berlebih akan semakin meningkat bila diolah dengan cara dibakar, digoreng, atau dipanggang.

Hal ini dikarenakan metode tersebut dapat mendorong pembentukan zat atau senyawa karsinogenik yang dapat memicu timbulnya risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker kolorektal dan kanker lambung.

Meski begitu, bukan berarti Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi daging. Daging merah tetap bisa menjadi sumber protein dan mineral yang baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara tepat dan tentunya dengan jumlah yang tidak berlebihan.

Komentar