25 Warga Bogor Terpapar Covid 19 Usai Acara Keagamaan dan Pulang dari Luar Daerah

Kota Bogor, beritajejakfakta.com – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 di Kecamatan Bogor Barat melaporkan adanya 25 warga terpapar Covid 19 di Perumahan Griya Melati dan 1 warga di Perumahan Pondok Surya Kencana, Kelurahan Bubulak, Kota Bogor, Selasa (18/5/2021).

Informasi tersebut berdasarkan pers rilis yang disampaikan Walikota Bogor, Bima Arya. Hasil tracing yang sudah dilakukan Satgas Covid 19 diduga terpaparnya warga di perumahan tersebut karena telah mengikuti kegiatan keagamaan dan ada salah satu anggota keluarga yang baru pulang dari luar kota sebelum Lebaran.

Pada mulanya informasi yang dihimpun di lapangan, terjadi Sabtu (15/5/2021) pada jam 12.00 WIB kader RW Siaga melaporkan kepada Satgas Covid-19 Kota Bogor bahwa ada 7 orang positif Covid-19 dalam dua keluarga dari hasil swab antigen. Kemudian mereka langsung diminta isolasi mandiri.

“Setelah di tracing, warga lain yang kontak erat kemudian dilakukan treatment swab antigen dan didapati total 26 warga terpapar Covid-19,” jelas Bima.

Lanjut Bima, langkah selanjutnya adalah mendata kontak erat. Tercatat ada 70 warga yang sudah kami lakukan swab. “Sembari menunggu hasil swab, kami meminta warga untuk isolasi mandiri dan membatasi kegiatan di lingkungan perumahan tersebut untuk sterilisasi wilayah,” bebernya.

Dalam keterangannya Walikota Bogor mengungkapkan kader RW Siaga di wilayah juga diinstruksikan untuk mendata dan mengirimkan kebutuhan warga yang sedang isolasi mandiri, seperti obat-obatan, vitamin dan logistik lainnya.

Sementara Satgas Covid-19 Kota Bogor juga telah koordinasi dengan TNI/Polri, Kelurahan dan RW Siaga untuk membantu pemantauan.

“Bagi warga Bogor lainnya yang baru pulang dari luar kota, kami wajibkan untuk melakukan test swab antigen/PCR dan melaporkan hasilnya kepada RW Siaga di wilayah masing-masing,” ungkap Bima.

Ia pun meminta partisipasi warga untuk membantu Pemkot Bogor dalam perang melawan pandemi. Untuk tetap waspada karena Pandemi belum berakhir. (SF)

Komentar